WISE COVID-19 Dana Persiapan Darurat untuk Daerah Nagekeo

Published by Team WISE on

Dengan situasi yang berkembang dari hari ke hari, kami dapat merevisi target penggalangan dana serta ruang lingkup dukungan donasi dapat berubah sesuai dengan skala prioritas dan kebutuhan. Silakan periksa halaman ini untuk update/pembaruan.

Pemutakhiran terkini

27 Maret: Kami memasang 1 unit stasiun cuci tangan di rumah sakit, yang kemudian meminta agar ada penambahan unit dipasang keesokan harinya.

Tim relawan untuk logistik telah memesan goggle dan baju pelindung hazmat dan sedang mencari peralatan APD lain yang lebih pribadi.

26 Maret: Bersama-sama dengan Yayasan Sao Mere, tim Nagekeo memasang 2 fasilitas cuci tangan: satu di Pasar Danga dan satu lagi di pusat transportasi. Kami juga memasang fasilitas cuci tangan kecil seluruh kawasan pasar, terutama di tempat para penjual.

Kami bekerja sama dan berkolaborasi dengan Koperasi, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kab Nagekeo, Forum Pengurangan Resiko Bencana Nagekeo, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nagekeo.

25 Maret: Tim kami, bersama dengan Yayasan Sao Mere, melakukan diskusi dengan bupati Nagekeo dan Tim Pencegahan dan Penanganan COVID-19 untuk mensinergikan upaya. Bupati Nagekeo, Dr. Yohanes Don Bosco, menerima proposal kami untuk memasang fasilitas cuci tangan dan menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) ke rumah sakit lokal, sementara Tim Pencegahan dan Penanganan COVID-19 mengatakan masker N95 dan sarung tangan merupakan prioritas utama.

Sementara itu, tim Indonesia yang bekerja dalam jarak jauh telah mulai menghubungi pemasok APD. Rencana kita saat ini adalah mengumpulkan seluruh persediaan APD di Jakarta lalu mengirimnya ke Nagekeo.

Jika Anda ingin membantu, silahkan hubungi kami di volunteer@washinseasia.org.

Pada 28 Maret 2100 waktu lokal, telah ada 142 kasus potensial yang sedang dipantau atau telah selesai pemantauan di Pulau Flores, 14 di Nagekeo. Satu kasus potensial sedang diawasi di Pulau Flores, serta 1 yang dinyatakan telah sembuh, dan 1 lagi telah meninggal. (Pusdalops Provinsi NTT)

Bantuan WISE 

WISE menyediakan bantuan medis darurat untuk rumah sakit di pulau Flores dalam menghadapi COVID-19, serta mendukung masyarakat Nagekeo dalam hal pencegahan penyebaran COVID-19 di kabupaten.

Kami menharapkan dukungan Anda untuk berkontribusi pada dana kesiapsiagaan darurat untuk rumah sakit rujukan di pulau Flores, terutama di Kabupaten Nagekeo. Dana tersebut akan memastikan rumah sakit di pulau Flores memiliki persediaan medis yang cukup, dan untuk membantu penduduk Nagekeo mendapat perawatan medis jika mereka tidak mampu membayar biayanya.

Flores tidak memiliki kapasitas untuk merespon COVID-19

Hanya ada tiga rumah sakit di seluruh provinsi Nusa Tengara Timur yang memiliki kemampuan untuk merawat pasien COVID-19 (Kompas.com). Rumah sakit di seluruh provinsi telah meminta tambahan peralatan. Salah satu rumah sakit, RSUD Dr. Tc Hillers, tidak memiliki peralatan pelindung diri (APD) yang memadai untuk tenaga medis mereka dan mungkin harus menolak kasus (Kumparan).

Kenapa Nagekeo?

WISE memiliki dua staf dari dan berbasis di Nagekeo, dan kami telah aktif di kabupaten ini sejak 2018, bekerja sama dengan pemerintah daerah dan LSM. Kami memiliki sarana untuk menyalurkan sumber daya kami ke tempat yang tepat.

Mengapa Nagekeo rentan?

Nagekeo memiliki akses terbatas ke layanan kesehatan yang diperlukan

Seseorang yang menunjukkan gejala akan merujuk ke pusat kesehatan publik (Puskesmas) terdekat yang kekurangan peralatan pelindung pribadi (PPE) dan perkakas. Dokter dan perawat telah meninggal mengobati pasien COVID-19 di Jakarta dan Bandung karena kurangnya APD.

Kebanyakan warga Nagekeo tak mampu membayar untuk mendapat bantuan medis

18.690 (atau 13%) dari 325.000 populasi Nagekeo hidup di bawah garis kemiskinan (Badan Pusat Indonesia dari tahun 2018). Ini berarti bahwa mereka mendapatkan rata-rata kurang dari Rp 323.316 (atau USD 21) per kapita per bulan. Seperti yang ditunjukkan oleh tweet oleh jurnalis independen Febrian Firdaus, banyak penduduk di pulau Flores hampir tidak mampu membayar tiket perahu umum sebesar Rp 15.000 (<USD 1), apalagi sebesar Rp 500.000 (USD 32) untuk bepergian ke kota lain.

Banyak orang berada dalam resiko

Orang-orang yang bekerja, belajar dan tinggal di provinsi dan negara lain (seperti Malaysia, yang telah mengkonfirmasi 2.031 kasus pada 28 Maret) telah kembali ke Flores karena lockdown/larangan berkegiatan agar tetap tinggal di rumah. Sayangnya, beberapa orang tak menyadari potensi resiko transmisi. Pemerintah daerah juga merasa sulit untuk mengunci/melakukan lockdown pada Pulau Flores karena banyak orang yang harus bekerja di luar rumah (Republika).

Lingkup dukungan keuangan

WISE bertujuan untuk memberikan tiga bentuk dukungan. Jumlah yang dialokasikan untuk setiap komponen akan tergantung pada situasi yang ada.

1. Peralatan medis untuk rumah sakit setempat

Kami berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait yang relevan di jajaran pemerintahan, Rumah Sakit, dan gerakan masyarakat lainnya di daerah ini untuk mencari tahu apa yang diperlukan, serta akan memperbaharui informasi ketika kami menemukan lebih banyak data.

2. Pendanaan bagi warga Nagekeo untuk mendapat pelayanan medis bagi yang tidak mampu

WISE bertujuan untuk menutupi biaya untuk keluarga tidak mampu membayar bagi penduduk serta 1 pendamping untuk mendapatkan perawatan medis. Hal ini termasuk: tagihan rumah sakit untuk pengujian dan perawatan (sesuai pengeluaran), transportasi (sekitar Rp 500.000 sekali jalan dengan transportasi darat), akomodasi dan konsumsi (Rp 300.000 per orang per hari), dan biaya lain yang dikeluarkan oleh WISE dalam pengelolaan dana.

Kami juga akan mempertimbangkan memberi dukungan untuk kasus-kasus yang tidak berhubungan dengan COVID-19, yang menunjukkan bahwa penduduk membutuhkan perhatian medis mendesak.

3. Aksi pencegahan/preventatif dan mitigasi

Hal ini termasuk pengadaan sabun untuk rumah tangga, desinfektan untuk kontak dekat dengan orang-orang dicurigai positif (ODP) COVID-19, dan sebagainya.

Akuntabilitas

WISE bermaksud menerapkan langkah-langkah berikut guna memastikan bahwa dana tersebut digunakan dengan tepat:

  • Sebisa mungkin, kami akan berhubungan dengan pihak pemerintah dan rumah sakit langsung berkaitan dengan upaya pengadaan kebutuhan.
  • Tim WISE akan mengunjungi penduduk secara langsung untuk memverifikasi kebutuhan orang tersebut terkait bantuan. Hal ini mencakup kebutuhan akan perawatan medis, kemungkinan terinfeksi, serta kemampuan untuk membayar biaya.
  • Kami akan bersikap transparan kepada penduduk, pemerintah daerah dan kepada para donor tentang jumlah dana yang dikumpulkan, jumlah dana yang dicairkan, serta kepada siapa dan untuk tujuan apa dana tersebut dimanfaatkan.

Berita terbaru dari Flores

Donasi sekarang

Transfer Bank
Yayasan WISE WASH di Asia Tenggara
Bank BRI
0059-01-001195-56-2

Cara lain untuk menyumbangkan donasi.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bitnami